Senin, 13 April 2020

MANIPULASI LANGSUNG

MANIPULASI LANGSUNG

Assalamualaikum wr wb, kami dari kelompok 8 ingin mengomentari hasil presentasi dari kelompok 4 yang dimana materinya adalah MANIPULASI LANGSUNG.
Anggota Kelompok 8 :
1.  Desi Nur Rahma Dini (201931061)
2.  Ulfany Lira Andini Purba (201931062)
3.  Aisyah Novriani (201931063)
4.  Cindy Orella Asarya S (201931064)
5.  Nur Ismi Nadiah (201931066)

Beberapa komentar dari kelompok kami :
1.  Tidak mencantumkan contoh dari Manipulasi Langsung.
     Contoh Sistem Manipulasi Langsung :
     - Command-line VS Display Editor VS Word Processors
        Pada 1980-an, mengedit teks dapat dilakukan dengan bahasa perintah berorientasi
        baris. Dengan Display Editor, kinerja meningkat dan mengurangi waktu belajar.
        Di awal 1990-an, Word Processor yang bersifat WYSIWYG diperkenalkan.
        Teknologi yang diturunkan dari pengolah kata :
        ~ Desktop Publishing Software, mis : Adobe PageMaker, Corel Ventura.
        ~ Slide-presentation Software, mis : Microsoft Powerpoint.
        ~ Hypermedia Environments, mis : WWW, HyperCard.
        ~ Document Assemblers, mis : Microsot Office Wizards.
        ~ Integrasi grafik, spreadsheet, animasi, foto, dll dalam badan dokumen 
           (Windows: OLE).
        ~ Fasilitas makro yang diperbaiki, mis : Microsoft Office.
        ~ Spelling checkers dan thesaurus, mis : Microsoft Office.
        ~ Grammer checkres, mis : Microsoft Office.
        
        Beberapa kelebihan WYSIWYG Word Processors :
        ~ Menampilkan sehalaman penuh dengan teks.
        ~ Menampilkan dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk
           cetakan.
        ~ Menampilkan aksi kursor yang terlihat.
        ~ Mengendalikan kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif.

     - Spreadsheet
       Spreadsheet adalah lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi
       dalam bentuk baris dan kolom. Spreadsheet mendukung formula, makro, dan grafik.
       Contoh  : VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.

     - Spatial Data management
       Merupakan representasi spasial dalam bentuk peta dan digunakan dalam Sistem
       Informasi Geografis (GIS).
       Contoh : ArcView GIS dari ESRI, Inc.

     - Video Games
       Merupakan bidang aksi visual yang membangkitkan minat. Perintahnya berupa aksi             fisik dan langsung melihatkan hasil. Game komersial pertama muncul adalah Pong
       (Atari).Kini telah berkembang pada PC maupun mesin game seperti Sony Playstation,
       bahkan game pada handphone.

     - Computer-Aided Design (CAD)
       Digunakan untuk merancang mobil, rangkaian elektronik, arsitektur, dan pesawat
       terbang. Termasuk aplikasi yang menyenangkan karena objek yang diinginkan dapat
       dimanipulasi secara langsung.

     - Office Automation
       Sistem ini menggunakan prinsip-prinsip manipulasi langsung.
       Contoh : GUI : Windows, Mac OS.

    - Pemikiran Visual dan Ikon
      Konsepnya diajukan oleh Rudolf Arnheim (1972). Arah baru pemikiran visual : WIMP
      (WIndows, Icons, Mouse, Pull-down Menu).

2.  Tambahan dari Penerapan Manipulasi Langsung dari berbagai bidang.
     - Perancangan Bentuk/model (Computer Aided Design)
       Saat sekarang kita dapat melihat berbagai program aplikasi untuk perancangan suatu
       sistem. Contoh yang paling populer adalah sebuah program yang bernama Auto CAD.
       Dengan program ini, kita dapat merancang suatu model pesawat terbang, baik
       dengan tampilan yang deisebut dengan wireframe model maupun tampilan seperti
       sebuah pesawat terbang sesungguhnya dengan memanfaatkan fasilitas rendering
       yang dimilikinya. Program ini juga sering dimanfaatkan untuk melakukan pemetaan
       berbasis komputer (Computer-based Mapping).



Demikian komentar yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih:)
Wassalamualaikum wr wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar