
APA ITU OVO?
Semakin canggihnya teknologi pada zaman sekarang ini, banyak hal yang dapat dilakukan dengan digital. Salah satu contohnya yaitu aplikasi OVO yang akan saya bahas ini. Apasih OVO itu? Aplikasi OVO adalah sebuah aplikasi smart yang dapat memberikan kita layanan pembayaran dan transaksi secara online (OVO Cash), dan juga dapat berkesempatan untuk mengumpulkan point setiap kali melakukan pembayaran/transaksi melalui OVO.
Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran yang telah bekerja sama dengan OVO akan menjadi lebih cepat. OVO juga menawarkan kemudahan transaksi tanpa mengharuskan kita membawa cash terlalu banyak. Tetapi hanya dengan menunjukkan aplikasi OVO yang di dalamnya terdapat saldo cash maupun point.
Beberapa Keuntungan Menggunakan OVO
1. Point berlipat

Terdapat 2 metode pembayaran dalam OVO, yaitu OVO Cash dan OVO Points.
OVO Cash adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai macam
transaksi keuangan, seperti pembayaran di berbagai merchant rekanan, isi ulang
(top up) dan pengecekan saldo. OVO Points adalah loyaly rewards bagi yang melakukan
transaksi dengan menggunakan OVO Cash di merchant-merchant rekanan OVO. Dimana
kita bisa mengumpulkan poin dari berbelanja ataupun bertransaksi di merchant OVO
yang nantinya dapat ditukar dengan berbagai diskon dan penawaran eksklusif.
2. Promo memikat

Ada banyak penawaran menarik di laman Deals. Misalnya akan mendapatkan cashback
sebesar 10% jika berbelanja di Hypermart, dan lain-lain.
3. Merchant di banyak tempat

Saat ini sudah banyak yang menjalin kerja sama dengan aplikasi OVO, contohnya
seperti pada gambar di atas ini. Untuk menikmati merchant-merchant tersebut dapat
menggunakan OVO Cash ataupun OVO Points.
4. Pembayaran lebih cepat

Hanya dengan memasukkan nomor rekening bank atau nomor ponsel yang telah
terdaftar, kita sudah bisa melakukan transaksi. Karena sudah mendaftar, kita akan
mendapatkan OVO ID yang bisa ditunjukkan kepada merchant rekanan OVO apabila
kita akan melakukan transaksi. Dengan OVO kita juga bisa melakukan pembayaran
seperti pembayaran lstrik, pembelian pulsa, pembelian paket data, pembayaran
asuransi, BPJS Kesehatan, tv kabel dan iuran lingkungan.
5. Atur keuangan dengan tepat

Layanan OVO terbagi atas 2 kategori pengguna, yaitu OVO Club dan OVO Premier. OVO
Club untuk pengguna biasa dan OVO Premier memberikan akses kepada pengguna
untuk fitur pengelolaan pengeluaran. Tapiii, tenang saja untuk pengguna OVO Club
bahwa semua transaksi keuangan yang dilakukan dengan OVO tersimpan dan tercatat
sebagai data.
Perbedaan Akun OVO Club dan OVO Premier :
- OVO Club , menyediakan 10.000 OVO Points dan dapat menyimpan OVO Cash sampai
dengan Rp 1.000.000
- OVO Premier , menyediakan 10.000 OVO Points dan dapat menimpan OVO Cash
sampai dengan Rp 10.000.000
Ketentuan Pengguna
1. Pastikan nomor telepon sesuai dengan yang terdaftar di aplikasi OVO.
2. Top up saldo yang telah berhasil tidak dapat dibatalkan atau dikembailkan dalam
bentuk apapun.
3. Top up saldo tidak dikenakan biaya tambahan.
4. Batas minimum top up di setiap merchan bervariasi mulai dari Rp 50.000
Studi Kasus Aplikasi OVO
~ Masalah
1. Tidak adanya user yang loyal pada salah satu platform, karena yang mereka incar
cenderung hanyalah promo.
2. Banyak user menginstall karena ingin mendapatkan diskon/cashback yang besar.
3. Banyak dari mereka yang masih mengalami maslaah dalam pengisian saldo di
masing-masing platform dompet digital tersebut.
4. Banyaknya user yang harus mengisi saldo terlebih dahulu untuk membeli sesuatu
merchant.
5. Tidak adanya fitur untuk memfasilitasi mereka tanpa harus mengisi saldo yang
langsung terhubung dengan Credit Card / Debit Card mereka.
~ Pain Points
- Pengguna ingin ada satu platform yang dapat memfasilitasi mereka agar bisa membeli
sesuatu merchant tanpa harus mengisi saldo terlebih dahulu.
- Terkadang jika ada platform lain yang cashbacknya lebih besar, ada kecenderungan
mereka harus install dan daftar.
~ Research

Dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap 36 responden, 30 orang (83%) merasa
terlalu ribet dengan banyaknya pilihan platform dompet digital di Indonesia, sehingga
jika ada promo paling besar di platform-platform tersebut mereka harus mengisi saldo
terlebih dahulu. Bagi 6 orang (17%) dari responden tersebut tidak masalah dengan hal
tersebut.
~ Persona
User Persona adalah salah satu tools yang berharga dalam pengerjaan proyek User
Experience. Persona memungkinkan seluruh design dan development team untuk
menjaga user story yang simple. Tools ini menghasilkan produk yang lebih baik kepada
user dan kemungkinan besar proyek akan berhasil. Disini saya menggunakan persona
seorang mahasiswa yang biasa memakai platform dompet digital.

~ Solusi
Membuat suatu aplikasi sebagai tempat dari berbagai macam penyedia layanan dompet
digital yang terintegrasi dengan Kartu Debit/Kartu Kredit.
~ Sketches/Wireframe

~ Lo-Fidelity Design

~ Hi-Fidelity Design

~ Prototype

Tak lepas dari semua itu, suatu hal yang diciptakan dapat memiliki dampak positif dan negatifnya.
Dampak positif dari dompet digital :
1. Dapat mengurangi resiko kehilangan uang
2. Tidak perlu membawa dompet kemana-mana, cukup dengan kartu ataupun dengan
gadget sudah bisa melakukan pembayaran
3. Dengan adanya aplikasi dompet digital, kita dapat memeriksa rincian pengeluaran kita
4. Bersifat efektif, dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
Dampak negatif dari dompet digital :
1. Kurangnya lapangan pekerjaan, misalnya seperti pembayaran tol yang dulunya tunai
(menggunakan uang langsung) sekarang sudah digantikan dengan e-toll (kartu yang
berisi saldo tol)
2. Peningkatan penggunaan gadget semakin tinggi
3. Jaringan menjadi tolak ukur kadar stres, karena semua transaksi harus dilakukan
dengan internet
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar